Detail Cantuman Kembali

XML

Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring


Pada dekade terakhir ini, Massive Open Online Course (MOOC) atau kuliah online terbuka dan masif menjadi tren di berbagai kalangan di masyarakat, bahkan ibu/ bapak rumah tangga yang masih giat belajar sepanjang hayatnya. MOOC ini pada umumnya menyediakan kuliah dan kursus yang dapat diikuti secara gratis. Materinya beragam mulai dari ilmu komputer, sejarah, matematika, keuangan, hingga pengetahuan tentang musik, pengetahuan tentang agama, dan fantasi. Belajar menjadi mudah dan mengasyikkan, bisa kapan saja dan di mana saja. Penyelenggara kuliah online (kuliah daring) tersebut umumnya adalah universitas terkenal. University of Michigan, Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Princeton, Harvard, Stanford, dan perguruan tinggi top lainnya.

Terdapat beberapa situs favorit yang menawarkan MOOC, antara lain Coursera (coursera.org) dan Udacity (udacity.com). Pada tahun 2012, MIT dan Harvard University meluncurkan edX. Kita patut bersyukur dan bangga, pada tahun 2014, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia cepat tanggap untuk mengikuti arus perkembangan ini dengan menjalankan program Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT). Pada tahap awal, PDITT dijalankan oleh enam perguruan tinggi ternama di Indonesia dan diharapkan dapat melibatkan partisipasi perguruan tinggi lainnya pada tahap selanjutnya. Buku ini memuat panduan pengembangan Pembelajaran Daring yang berbasis standar. Panduan ini sangat berguna bagi pengembang untuk membangun Pembelajaran Daring yang bermutu. Untuk itu diharapkan semakin banyak guru, dosen, perguruan tinggi, sekolah dan lembaga-lembaga pelatihan yang berpartisipasi mengembangkan dan menyelenggarakan Pembelajaran Daring.
Yusuf Bilfaqih - Personal Name
M. Nur Qomarudin - Personal Name
371.3 Yus e
978-602-280-936-4
371.3
Text
Indonesia
Deepublish
2015
Yogyakarta
xvi, 131 hlm.; 24 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...