Detail Cantuman Kembali

XML

Analisa Pembelajaran Al Qur’an Berbasis Sekolah Ramah Anak di SMPN 2 Porong


Belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku manusia dan mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang menggalakkan sekolah ramah anak (SRA) untuk menegakkan hah-hak anak dalam memenuhi dan menjaminnya yang didalamnya terdapat rasa aman, nyaman, anti deskriminasi. Inti dari SRA yaitu pihak sekolah harus memberikan semua hak-hak peserta didik secara penuh, serta pengelolaan kelas dan sekolah.
Menjadi seorang muslim diwajibkan mampu membaca al-Qur’an sesuai kaidahkaidahnya meliputi: 1) makhorijul khuruf (tempat keluar masuknya huruf), 2) sifatul khuruf (cara pelafadzan huruf), 3) akhkamul khuruf (hubungan antar huruf), 4) ahkam almaddi wa alqasr (mengenai panjang dan pendek dalam pelafadzan), dan 5) ahkam al-waqf wa al-ibtida’ (mengenai masalah memulai dan menghentikan bacaan). Namun kenyataannya banyak diantara peserta didik SMP Negeri 2 Porong yang belum mampu membaca al Qur’an sesuai petunjuk dan kaidah-kaidah yang benar dalam membaca al Qur’an.
Penelitian dasar terkait analisa pembelajaran al Qur’an berbasis sekolah ramah anak di SMP sesuai Rencana Strategis Pengembangan Penelitian Institusi (Renstra Penelitian) UMSIDA untuk kurun waktu 2016 – 2020 yaitu Pengembangan IPTEK Berbasis Potensi Lokal Menuju Indonesia Berkemajuan, maka kedepannya penelitian dasar ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan demgan mengkaji berbagai permasalahan dan menghasilkan teori baru dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran al Qur’an di sekolah.
Eni Fariyatul Fahyuni - Personal Name
Zaki Nur Fahmawati - Personal Name
Imam Fauji - Personal Name
297.77 Fau a
297.77
Elektronik/Digital
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
2019
Sidoarjo
27 hlm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...