Detail Cantuman Kembali

XML

Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia : Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI


Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia: Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI” yang ditulis oleh Arief Furchan menggambarkan secara mendalam bagaimana sistem pendidikan Islam telah mengalami perubahan dan adaptasi dalam menghadapi tantangan zaman modern. Buku ini dimulai dengan membahas sejarah pendidikan Islam di Indonesia dan perkembangan madrasah dari masa ke masa. Penulis menggambarkan bagaimana madrasah awalnya didirikan sebagai lembaga pendidikan agama yang terpisah dari sistem pendidikan nasional, dan kemudian mengalami transformasi menjadi lembaga pendidikan yang terintegrasi dengan kurikulum nasional. Selanjutnya, buku ini membahas peran dan kontribusi madrasah dalam mempertahankan dan mengembangkan identitas Islam di Indonesia. Penulis mengulas berbagai perubahan dan tantangan yang dihadapi oleh madrasah dalam menghadapi perkembangan zaman, seperti globalisasi, modernisasi, dan isu-isu sosial yang mempengaruhi pendidikan Islam. Selain itu, buku ini juga membahas tentang peran Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dalam transformasi pendidikan Islam di Indonesia. Penulis menggambarkan bagaimana PTAI menjadi lembaga pendidikan tinggi yang memiliki peran penting dalam menghasilkan sarjana dan intelektual Muslim yang berkompeten dalam berbagai bidang. Buku ini juga mengulas tentang tantangan dan perubahan yang dihadapi oleh PTAI dalam menghadapi perkembangan zaman. Penulis membahas perubahan kurikulum, metode pengajaran, dan peran PTAI dalam memajukan ilmu pengetahuan dan penelitian dalam bidang keislaman.
Arief Furchan - Personal Name
1
297.770 959 8 Fur p
979-9552-67-2
297.770 959 8
Text
Indonesia
Gama Media
2004
x, 202 Hlm.; 21 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...