Detail Cantuman Kembali

XML

Islamic Finance : Keuangan Islam dalam Perekonomian Global


Keuangan Islam tidak lagi dapat dianggap sebagai mode yang kuno ataupun sekadar sebagai epifenomena Revivalisme Islam. Saat ini, institusi keuangan Islam telah beroperasi dilebih dari 40 kali lipat sejak 1982 dan capaian melebihi $200 Milyar. Bahkan, pada 1996 dan 1997 mereka mengalami pertumbuhan dengan rata-rata pertahun masing-masing mencapai 24 an 26
.
Hal ini tentu mengejutkan dan paradoks dengan pernyataan yang menyatakan bahwa Islam tidak kompetitif dengan Tatanan Dunia Baru atau banyak pandangan lain yang terlalu menggeneralisasi, misalnya yang menggambarkan sebagai sebuah dunia tanpa inflasi, tanpa pengangguran, tanpa eksploitasi, dan tidak ada kemiskinan atau menganggap institusi keuangan Islam tidak berbeda dengan institusi konvensional karena Bank Islam pun sebenarnya memasang bunga, hanya istilah dan kulitnya saja yang berbeda. Pandangan-pandangan semacam ini tentu tidak membantu untuk menjelaskan kompleksitas keuangan Islam yang tidak dapat dipahami tanpa pemahaman secara menyeluruh terhadap agama dan keuangan, sejarah, polituik, ekonomi, bisnis dan kebudayaan.
.
Buku ini telah berusaha untuk memperkenalkan gambaran yang lebih komplit dari keuangan Islam dengan menggambarkan berbagai segi yang dimilikinya, menempatkannya dalam konteks ekonomi global, dan mengeksplorasinya dari perspektif-perspektif empiris, komparatif, dan historis. Selain itu, juga mengidentifikasi ekonomi moral dan membahas isu-isu kultural, moral hazard Islam.
Ibrahim Warde - Personal Name
Andriyadi Ramli - Personal Name
297.273 War i
978-602-8479-37-0
297.273
Text
Indonesia
Pusaka Pelajar
2009
Yogyakarta
xvi, 536 hlm.; 20 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...