Detail Cantuman Kembali

XML

Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013: Program Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences


Di tengah situasi “genting” dan “penting” gencarnya sosialisasi dan implementasi kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang bercorak tematik terpadu, seolah-olah publik lupa bahwa Pendidikan Anak Usia Dini selama ini telah melaksanakan pembelajaran secara tematik-integratif, bahkan sebagian telah menggunakan pendekatan saintifik. Buku ini hadir untuk meneguhkan kembali bahwa basis pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 justru bertumpu pada program pembelajaran tematik-integratif pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Satu kelebihan buku ini adalah upaya serius untuk mengimplementasikan kurikulum PAUD 2013 secara inovatif, yakni dengan memberikan perspektif baru, yaitu multiple intelligences. Harus diakui bahwa multiple intelligences sekarang ini telah menjadi paradigma besar semua lembaga pendidikan di seluruh dunia, tak terkecuali semua PAUD di Indonesia.
Namun dalam praktiknya, banyak terjadi penyimpangan, di mana multiple intelligences yang semula berupa teori psikologi harus berubah menjadi strategi ketika masuk ke dunia edukasi. Akibatnya, paradigma besar tersebut tidak berimplikasi bagi meningkatnya kualitas pembelajaran, kecuali sebatas menambah wawasan guru, bukan anak didik.
Inovasi yang dilakukan dalam buku ini adalah menjadikan multiple intelligences sebagai strategi implementasi kurikulum PAUD 2013. Inovasi ini diharapkan mampu menjadikan pembelajaran anak usia dini lebih bermakna untuk membentuk jati diri, karakter, kognisi, jasmani, dan rohani anak.
Suyadi - Personal Name
Dahlia - Personal Name
1
372.19 Suy i
978-979-692-570-4
372.19
Text
Indonesia
Remaja Rosdakarya
2014
Bandung
viii, 156 hlm.: ilus.; 24 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...