Detail Cantuman Kembali

XML

Leguminosa: Karakteristik dan Teknologi Pengolahannya


Leguminosa adalah jenis tanaman dikotil dan merupakan tanaman setahun yang memiliki bunga kupu-kupu, tumbuh sebagai tanaman semak. Di lingkungan kita, legume sebagian besar dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran (misalnya buncis dan kecipir) atau untuk diambil bijinya (misalnya kedelai, kacang hijau, kacang tanah).
Leguminosa bijian, sering dikenal sebagai biji – bijian, merupakan bahan terpenting kedua setelah padi dan gandum sebagai sumber pangan utama dunia. Leguminosa telah lama dikenal sebagai sumber protein yang saling melengkapi dengan biji-bijian, seperti beras dan gandum. Komoditi ini potensial sebagai sumber zat gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Walaupun mengandung senyawa nir gizi dan zat beracun, leguminosa juga kaya senyawa fungsional. Di samping diolah secara tradisional dengan direbus, dikukus, dan disayur, sebenarnya potensi penggunaannya sangat luas untuk menghasilkan produk baru, misalnya sebagai bahan baku tepung campuran (flour mix) yang dapat digunakan untuk pembuatan berbagai produk pangan.
Buku ini sebagian merupakan kompilasi hasil penelitian yang berkaitan dengan karakteristik berbagai jenis leguminosa yang ada di Indonesia dan teknologi pengolahannya. Dalam buku ini diuraikan karakteristik biologi, kimia, dan fisikokimia berbagai leguminosa. Selanjutnya, diuraikan teknologi pengolahan leguminosa serta evaluasi gizinya.
Sri Handajani (et al.) - Personal Name
664.80565 Leg
978-623-02-4431-5
664.80565
Text
Indonesia
Deepublish
2022
Sleman
xvi, 151 hlm.: ilus.; 23 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...