Detail Cantuman Kembali

XML

Pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk Mengetahui Faktor yang Berpengaruh Terhadap Minat Membeli Makanan Halal pada Mahasiswa Muslim di Kabupaten Sidoarjo


Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki populasi penduduk muslim terbesar didunia menyebabkan peningkatan permintaan produk olahan makanan halal. Peningkatan permintaan produk olahan makanan halal menyebabkan peningkatan destinasi wisata kuliner pada beberapa tahun terakhir baik di Kota Besar maupun Kota Kecil di Indonesia. Salah satu Kabupaten yang mengalami peningkatan pesat pada destinasi wisata Kuliner adalah Kabupaten Sidoarjo. Perkembangan wisata kuliner yang pesat pada beberapa tahun terakhir di Kabupaten Sidoarjo pada umumnya membidik target pasar para mahasiswa. Dengan mayoritas mahasiswa beragama muslim di Kabupaten Sidoarjo, mengkonsumsi makanan Halal menjadi potensi pasar yang besar. Beberapa wisata kuliner di Kabupaten Sidoarjo telah menerapkan konsep wisata halal. Dengan adanya konsep wisata halal maka wisata kuliner di Kabupaten Sidoarjo perlu mengenalkan wisata kuliner halal juga. Namun seberapa besar minat mahasiswa muslim mi untuk membeli makanan halal belum pernah diukur. Untuk itu penelitian ini akan fokus untuk mengetahui fakto-faktor yang berpengaruh terhadap minat membeli makanan halal dan faktor apa yang memiliki pengaruh terbesar pada minat membeli makanan halal pada mahasiswa muslim di Kabupaten Sidoarjo. Teknik analisis menggunakan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) . Berdasarkan hasil analisis Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS SEM) diketahui bahwa dari 5 variabel prediktor yang digunakan dalam proses analisis yaitu Kesadaran Halal (X1), sertifikasi halal (X2), Kesehatan(X3), Bahan Makanan (X4) dan persepsi nilai (X5) terdapat 4 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Minat Membeli (Y) yaitu variabel X1, X2, X3 dan X5. Sedangkan variabel X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Membeli (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin meningkat Kesadaran Halal (X1), sertifikasi halal (X2), Kesehatan(X3) dan persepsi nilai (X5) maka semakin meningkatkan Minat Membeli (Y). Sedangkan berdasarkan nilai koefisien pada masing-masing variabel diketahui bahwa variabel Kesehatan (X3) memiliki nilai koefisien terbesar sehingga dapat simpulkan bahwa variabel Kesehatan (X3) memiliki pengaruh terbesar terhadap Minat Membeli (Y).
Dian Novita - Personal Name
Dewi Ratiwi Meiliza - Personal Name
Cindy Cahyaning Astuti - Personal Name
658.8342 Ast p
658.8342
Elektronik/Digital
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
2020
Sidoarjo
53 hlm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...