Detail Cantuman Kembali

XML

Manajemen Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan: Konsep, Pengembangan, dan Evaluasi


Keberadaan sumber daya manusia pada lembaga diklat merupakan aset yang sangat berharga. Peningkatan kualitas SDM merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan agar program diklat dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pelaksanaan diklat yang baik memerlukan manajemen kurikulum pendidikan dan pelatihan yang dilakukan secara komprehensif, sistemik, dan sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan pelatihan. Oleh karena itu, manajemen kurikulum pendidikan dan pelatihan harus dilaksanakan secara profesional dengan pembinaan yang berkesinambungan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah. Untuk menghasilkan diklat yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan diklat dalam meningkatkan kompetensi SDM, diperlukan suatu kurikulum sebagai acuan atau pedoman pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan. Kurikulum diklar yang dikembangkan tentunya harus berdasarkan pada analisis kebutuhan dan komoetensi yang akan dikembankan, serta disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan peserta diklat, stakeholder pengguna lulusan, dan tujuan diklat itu sendiri.
Buku ini akan membahas tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan; Hakikat Pendidikan dan Pelatihan; Sejarah dan Perkembangan Pendidikan dan Pelatihan; Perbedaan Pendidikan dan Pelatihan; Komponen Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan; Model-model Sistem Pelatihan; Strategi, Pendekatan, dan Metode dalam Pendidikan dan Pellatihan; Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan; Pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan; Prosedur Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan; Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi; Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan; serta Evaluasi Pascapendidikan dan Pelatihan.
Rusman - Personal Name
375 Rus m
978-623-231-710-9
375
Text
Indonesia
Rajawali Press
2021
Depok
xviii, 358 hlm.: ilus.; 23 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...