Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Model Technological Learning di Industri Kecil dan Menengah (Studi Kasus: UKM Suku Cadang Otomotif)


Buku ini menyajikan hasil studi tentang tingkat kemampuan teknologi industri suku cadang otomotif Indonesia. Selain itu, laporan penelitian ini juga menyajikan hasil studi tentang proses pembelajaran teknologi yang dilakukan oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) suku cadang otomotif Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan komponen otomotif yang disurvei, kemampuan teknologinya tergolong pada perusahaan strategic dan creative. Hasil pengolahan data juga mengindikasikan bahwa tidak terdapat hubungan antara jenis perusahaan berdasar investasi (PMA, PMDN, dan Joint venture), keberadaan unit R&D, dan pangsa ekspor terhadap kemampuan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan komponen otomotif yang disurvei. Hasil penelitian pada empat UKM komponen otomotif yang menjadi responden studi kasus menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut memiliki variabel-variabel pembelajaran teknologi yang dikembangkan oleh Lin Su Kim dalam Model Organisasi sebagai Sistem Pembelajaran. Pasar dan pengetahuan terpendam pemilik perusahaan juga berperan dalam proses pembelajaran teknologi pada UKM. Sehubungan dengan hal tersebut, langkah-langkah yang perlu dilakukan pemerintah adalah: membuat kebijakan yang mendukung terjadinya aktivitas pembelajaran teknologi di industri komponen otomotif dengan mendorong terciptanya keterkaitan antara industri-industri besar dan UKM di sektor otomotif; menciptakan kebijakan-kebijakan untuk memperkuat hubungan antara lembaga-lembaga litbang pemerintah dan perguruan tinggi untuk terlibat dalam aktivitas di industri komponen otomotif; mengembangkan sentra-sentra industri komponen otomotif guna terciptanya modal sosial, dan mendirikan sebuah lembaga sebagai sumber informasi bagi UKM.
Yan Rianto (et al.) - Personal Name
607.2 Stu
979-26-2422-8
607.2
Text
Indonesia
LIPI Press
2005
Jakarta
xii, 147 hlm.: ilus.; 20,2 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...