Detail Cantuman Kembali
Pasar Online Ukm Aisyiyah Sidoarjo Berbasis Web
Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak
perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah
kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaiamana diatur dalam undang-undang.
Keberadaan para pelaku bisnis UKM di Indonesia tersebar, salah satu daerah indonesia yanga
berhasil mencuri perhatian baik ditingkat nasional dan intrenasional adalah sidoarjo, yang merupakan salah satu kebupaten di Jawa Timur. Sidoarjo memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa dan sumber daya manusia yang mempuni sehingga banyak indutri rumah tangga yang kita temuai di 18 kecamatan di sidoarjo, yang menyebabkan meningkatnya kegiatan perekonomian rakyat melalui usaha kecil dan menengah. Aisyiyah yang merupakan organisasi otonom perempuan muhammadiyah memiliki UKM yang tersebar di 18 kecamatan
dengan berbagai jenis UKM. Tujuan Penelitian ini adalah membuat media promosi online
bagi UKM Aisyiyah yang bertujuan untuk mengembangkan UKM sehingga meningkatkan pendapatan melalui penjualan produk UKM secara online berbasis web. Perkembangan Teknologi Informasi yang cukup signifikan saat ini mampu menyajikan informasi secara cepat dan mudah. Hal ini menjadi pemicu bagi pelaku usaha untuk mulai memanfaatkan perkembangan teknologi bagi kemajuan usahanya. Mengingat urgensinya UMKM terhadap stabilitas perekonomian Indonesia. Maka sebagai upaya untuk mempertahankan bisnis tetap bertahan ditengah persaingan pasar yang sangat ketat maka penggunaaan teknologi informasi adalah sebuah keharusan, UKM harus berlomba untuk menyampaikan produk-produknya agar bisa merambah pasar yang lebih luas, Maka sebagai luaran dari penelitian ini adalah akan dibuat aplikasi online berbasis web yang berisi seluruh produk UKM, dimana seluruh UKM Asiyiyah dapat melakukan promosi, pemasaran dan penjualan di aplikasi tersebut. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode waterfall Langkah pertama rekayasa dan pemodelan sistem informasi yaitu mencari dan merancang kebutuhan sistem, langkah kedua melakukan analisa kebutuhan yaitu untuk mengetahui domain informasi dan fungsi-fungsi yang dibutuhkan oleh sistem, langkah ketiga desain yaitu membuat/merancang aplikasi sistem, langkah keempat koding yaitu menerjemahkan dalam bentuk bahasa pemrograman, langkah ke lima pengujian yaitu menguji sistem apakah sudah sesuai dengan rancangan yang sudah ditetapkan dan langkah keenam pemeliharaan terhadap software terkait dengan kebutuhan pengembangan sistem.
Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini, yaitu Jurnal terindeks shinta 3 dan shinta 4, serta artikel yang dimuat di proseding. Disamping itu terdapat luaran berupa Haki. Untuk Tingkat kesiapan Teknologi dalam penelitian ini yaitu Prinsip dasar dari teknologi diteliti dan dilaporkan, Formulasi konsep dan/atau aplikasi teknologi dan Pembuktian konsep (proof-of-concept) fungsi dan/atau karakteristik penting secara analitis dan eksperimental. Sehingga penelitian ini mempunyai TKT level 3.
NONE
Elektronik/Digital
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
2021
Sidoarjo
73 hlm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...