Detail Cantuman Kembali

XML

Pendekatan Importance Perfomance Analysis (IPA) pada Data Respon dan Kesiapan Mahasiswa dalam Mengikuti Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus pada Mahasiswa FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)


Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia tentu saja membawa dampak pada bidang Pendidikan. Pembelajaran dalam jaringan (daring) adalah solusi yang dapat diterapkan ditengah pandemic COVID-19. Sejak pandemi COVID-19 terjadi di pertengahan maret 2020 proses perkuliahan di UMSIDA menggunakan pembelajaran daring 100 % dengan media E- learning UMSIDA. Melalui e-learning yang telah dirancang UMSIDA dapat mengakomodasi
mahasiswa untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tanpa bertemu dengan dosen secara langsung. Fitur yang tersedia di E-learning umsida sudah sangat lengkap yang dapat memudahkan dosen sebagai pengajar serta mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Inovasi dan pelatihan juga selalu dilakukan UMSIDA secara berkala pada dosen untuk menyempurnakan kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan. Namun sejauh ini belum
dilakukan penelitian terkait respon dan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini akan fokus untuk mengetahui respon dan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring dimasa pandemi COVID-19 menggunakan Important Perfomance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis IPA terdapat tiga variabel yang termasuk dalam kuadran I (concentrate here) yaitu variabel X2, X4 dan X6. Variabel ini memerlukan perhatian khusus dibandingkan dengan variabel-variabel yang lain. Hal ini dikarenakan variabel-variabel ini dianggap penting oleh mahasiswa dan meliliki kinerja baik namun kondisi pada saat ini masih belum memuaskan. Sehingga menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kualitasnya pada semester selanjutnya. Kondisi perkuliahan dengan sistem daring 100%, memang jauh dari
kata ideal dan sangat bergantung pada koneksi internet pada setiap lokasi mahasiswa mengakses e-learning atau melakukan video conference (zoom meeting/ google meeting). Sehingga kondisi ideal untuk variabel X6 sulit untuk tercapai dengan baik. Namun untuk variabel kemudahan memahami materi X2 dan variabel kemudahan interaksi antara dosen dan mahasiswa X4 disarankan untuk dilakukan proses evaluasi dan perbaikan sehingga pada
semester selanjutnya kemudahan memahami materi dan interaksi antara dosen dan mahasiswa dapat mencapai kondisi ideal dan memiliki kinerja yang baik.
Novia Ariyanti - Personal Name
Cindy Cahyaning Astuti - Personal Name
Akbar Wiguna - Personal Name
NONE
Elektronik/Digital
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
2021
Sidoarjo
51 hlm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...