Detail Cantuman Kembali

XML

Desain Bahan Ajar Aqidah Berbasis Strategi REAP untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain bahan ajar Aqidah yang mampu menumbuhkan kemampuan berfikir kritis pada murid sehingga Aqidah harus mampu menjelma menjadi worldview dalam melihat realitas dan berimplikasi dalam kehidupan. Berdasarkan hasil observasi siswa SMP Kelas 7 di Pondok Pesantren An-Nur Sidoarjo, bahan ajar Aqidah yang digunakan guru berupa buku kecil berisikan ringkasan materi yang dihafalkan oleh murid. Sehingga proses pembelajaran hanya berupa satu arah, tidak ada proses pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan berfikir murid. Proses penilaian yang dilakukan berdasarkan hasil dari hafalan saja, belum tentu antri yang mendapatkan nilai baik memiliki pemahaman yang baik pula. Melihat permasalahan di atas perlu adanya pengembangan bahan ajar materi Aqidah yang mampu mendukung strategi pengembangan kemampuan berfikir kritis.
Pengembangan bahan ajar ini penting karena kesalahan dalam pengajaran Aqidah di zaman modern telah berdampak pada munculnya berbagai kelompok ekstrimisme radikal, liberalism, sekularisme, agnotisisme, bahkan atheism, kini sudah mulai tersebar di tengah-tengah umat Islam. Sehingga pengembangan bahan ajar Aqidah ini bertujuan untuk menghasilkan desain bahan ajar Aqidah berbasis REAP yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dan diharapkan mampu menumbuhkan kemampuan berfikir kritis siswa di tingkat SMP. Agar mereka di masa yang akan datang mampu menjadikan Aqidah Islam sebagai perspektif untuk membaca tantangan Aqidah Islam yang ada. Ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Riset & Development) yaitu penelitian yang bertujuan untuk meneliti, merancang, memproduksi, serta menguji validitas produk yang dihasilkan. Adapun yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Plomp. Model pengembangan Plompterdiri dari lima fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, revisi, dan (5) fase implementasi. Namun, penelitian ini tidak dilakukan hingga fase implementasi karena terbatasnya waktu. Luaran yang akan dituju dalam penelitian ini akan terbit di Jurnal Al- Tadzkiyyah dengan predikat Sinta 3, kemudian prosiding tingkat nasional di 4th BICSS 2020, dan HKI bahan ajar Aqidah untuk anak kelas 7 SMP. Adapun jadwal penelitian direncanakan mulai bulan Oktober 2020. Kegiatan studi lapangan dimulai sejak Januari-April 2020 mengikuti siklus 2 siklus PTK yang sudah direncanakan. Selama pelaksanaan observasi, data penelitian dikumpulkan, diujicobakan, dan dianalisa sejak bulan Februari-April. Mulai bulan April-Juni semua laporan, artikel ilmiah, dan prosiding ilmiah sudah selesai dikerjakan. Proses pengiriman artikel ilmiah ke jurnal terindek dan prosiding keseminar nasional di mulai sejak bulan Mei, ketika bulan Agustus artikel dan prosiding sudah diterbitkan, laporan akhir juga sudah diselesaikan. Penelitian dimulai sejak bulan Oktober 2020, kemudian pada bulan November dan Desember 20 20 dimulai penyusunan bahan ajar dan dilakukan uji coba bahan ajar. Kemudian mulai bulan Desember hingga Maret 2020 adalah tahap pelaksanaan publikasi ilmiah dan seminar.
Eni Fariyatul Fahyuni - Personal Name
ISTIKOMAH - Personal Name
Dzulfikar Akbar Romadlon - Personal Name
NONE
Elektronik/Digital
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
2021
Sidoarjo
44 hlm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...