Detail Cantuman Kembali
Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Optimasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19
Inovasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi saat ini sangat dibutuhkan sebagai alternative pembelajaran di masa pandemic covid 19. Salah satu inovasi media berbasis teknologi inovasi yaitu game edukasi berbasis android. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan game edukasi berbasis android pada mata kuliah pemrograman berorientasi objek (PBO) pada mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi serta mengetahui kelayakan game edukasi berbasis android. Jenis penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi semester lima. Game edukasi divalidasi oleh ahli materi, ahli media pembelajaran serta diuji coba pada kelompok terbatas. Tingkat kelayakan game edukasi berbasis android oleh ahli materi pada aspek isi materi sebesar 93,2% dan aspek bahasa sebesar 93,3 % dengan rata-rata 93% dengan kriteria sangat layak. Tingkat kelayakan oleh ahli media yaitu 90% untuk aspek kualitas isi, aspek desain dan audio dengan prosentase 95%, dan 93,75 % pada aspek interaksi dan umpan balik dengan rata-rata kelayakan oleh ahli media yaitu 93,42% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba kelompok terbatas mencapai prosentase 91% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis android layak dan dapat diimplementasikan pada proses pembelajaran. Hasil implementasi game edukasi berbasis android pada proses perkuliahan dianalisis dengan SPSS versi 21 diperoleh N-Gain persen sebesar 63,95%, maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis android cukup efektif digunakan pada mata kuliah pemrograman berorientasi objek.
NONE
Elektronik/Digital
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
2021
Sidoarjo
51 hlm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...